Gudang ISIS Simpan Harta Karun

Editor: Ivan Aditya

LIBYA (KRjogja.com) – Pasukan Libya menemukan tumpukan perhiasan curian, satu berangkas berisi uang tunai dan timbunan senjata saat menyerbu gudang kelompok militan ISIS di Kota Sirte. Milisi menyebut bahwa mereka menemukan harta karun tersebut di gedung yang disebut-sebut oleh ISIS sebagai Rumah Pendanaan Muslim atau departemen keuangan.

Barang-barang berharga itu diyakini merupakan hasil jarahan dari rumah-rumah sekitar, terutama dari perumahan orang kaya yang kabur ketika ISIS berhasil merebut Sirte pada Mei tahun lalu. Sejumlah foto yang dirilis oleh milisi dukungan pemerintah menunjukkan satu peti berisi kalung emas, gelang, dan anting.

Namun, selama ini ISIS dikenal sebagai kelompok keras yang melarang perempuan mengenakan perhiasan dan menutup wajahnya dengan niqab hitam. Terlihat pula tumpukan uang Libya dan Tunisia beserta laptop dan ponsel di dalam koper juga karung tepung yang diamankan dari gudang ISIS tersebut.

Tak hanya itu, ditemukan pula timbunan Kalashnikov, senapan, dan pistol yang diyakini dirampas dari para warga ketika ISIS melucuti penduduk di Sirte. Penemuan ini terjadi dalam operasi besar-besaran dari pasukan milisi untuk mengusir ISIS dari wilayah kekuasaannya di Libya. (*)

BERITA REKOMENDASI