Gulen Samakan Erdogan Dengan Hitler

PENNSYLVANIA (KRjogja.com) – Sahabat sekaligus musuh utama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Fethullah Gulen, menyamakan pria berusia 62 tahun itu seperti pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler. Pernyataan itu dibuat untuk membalas tuduhan Erdogan kepada ulama kharismatik Turki itu.

Pria yang kini mengasingkan diri di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) itu disebut Erdogan sebagai dalang di balik upaya kudeta militer pada Jumat 15 Juli 2016 malam waktu setempat. Gulen beserta kelompoknya, Hizmet, dianggap oleh pemerintahan Ankara sebagai teroris.

“Sangat jelas bahwa ada sikap intoleran di antara pimpinan partai yang berkuasa dan presiden. Mereka menyita properti dan organisasi media dengan cara melecehkan mereka seperti halnya pasukan SS Hitler,” tutur Gulen, sebagaimana dikutip Russia Today, Minggu (17/7/2016).

Sebelumnya, pria berusia 75 tahun itu menuduh Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) pimpinan Erdogan adalah dalang di balik upaya kudeta militer tersebut. Gulen menganggap tujuan dari upaya kudeta militer itu adalah untuk memelihara tuduhan kepada para pengikutnya dan juga pihak militer. Hubungan Erdogan dan Gulen sebelumnya adalah sepasang sahabat. Fethullah Gulen adalah salah satu penasihat utama Erdogan dalam berbagai kebijakannya. Namun, sejak lingkaran dekat Erdogan diselidiki pada 2013 atas dugaan korupsi, ia melabeli Gulen sebagai musuh negara karena dianggap ingin menjatuhkan pemerintahannya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI