Gunung Es di Greenland Mulai Mencair

Editor: Ivan Aditya

ITALY, KRJOGJA.com – Penduduk lembah Aosta di Italia harus mengungsi karena khawatir gletser Month Blanc yang berada di wilayah pemukiman mereka runtuh. Ukuran gletser tersebut setidaknya menyerupai Gereja Katedral Milan.

Kejadian ini kemudian disusul runtuhnya lapisan es terakhir di Arktik Kanada, Milne Ice Shelf yang ukurannya lebih besar dari jarak Manhattan ke Samudera Arktik.

Sebuah studi yang diterbitkan The Cryosphere pada April lalu menunjukkan pola sirkulasi atmosfer menjadi faktor es di Greenland meleleh dengan cepat. Dan diprediksi setidaknya setengah dari es di sana akan mencair di masa yang akan datang.

Sebuah jurnal dari Nature Communications Earth and Environment mengatakan ukuran gletser di Greenland terus menyusut hingga kini. Bahkan jika pemanasan global seketika terhenti, es masih akan mencair.

Data satelit dari 40 tahun ke belakang menunjukkan gletser di Greenland sudah melewati masa kritis. Ini karena hujan salju sudah tidak bisa mengisi kembali es yang mencair setiap tahunnya.

Para peneliti mencoba menganalisa data satelit dari 200 gletser besar di sekitar Greenland dan mengukur berapa banyak es yang pecah atau mencair. Jumlahnya kemudian dibandingkan dengan salju yang turun setiap tahun. (*)

BERITA REKOMENDASI