Hacker Curi Informasi Medis Atlet Olimpiade Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Badan Anti-doping Dunia (WADA) mengumumkan, sekelompok peretas Rusia berhasil menembus database organisasi ini dan membocorkan data medis sejumlah atlet AS. Kelompok peretas yang dikenal dengan nama Fancy Bear itu merilis catatan medis empat atlet perempuan AS, bintang tenis Serena dan Venus Williams, peraih medali emas senam Olimpiada Simone Biles dan atlet basket Elena Delle Donne.

Dalam mengekspos setiap atlet ini, para peretas juga merilis catatan medis yang disebut ‘Therapeutik Use Exemption’ yang memungkinkan para atlet menggunakan beberapa zat yang dilarang jika bisa memberikan alasan medisnya.

Dalam rilisnya in, Fancy Bear juga mengancam akan merilis lebih banyak lagi informasi terkait masalah ini. Kelompok peretas yang juga dikenal dengan nama Tsar Team ini mengklaim Therapeutic Use Exemptions membuktikan bahwa para atlet AS yang berlaga di Olimpiade juga menggunakan doping.

Sementara itu, Ketua Badan Anti-doping AS (USADA) Travis Tygart mengatakan, sama sekali tak terpikirkan bahwa para peretas akan mengambil informasi medis rahasia hanya untuk mencari kesalahan para atlet. (*)

BERITA REKOMENDASI