Hadapi Ancaman Corona, China Tawarkan Korut Bantuan

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Presiden China Xi Jinping, pada 9 Mei 2020, telah menyatakan keprihatinannya tentang ancaman virus corona di Korea Utara dan menawarkan bantuan. Xi Jinping merespons pesan yang ia terima dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un kemarin.

Media pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa pesan tersebut memberi selamat kepada Xi atas keberhasilan nyata Tiongkok dalam memerangi virus corona. Pemerintah Korea Utara menyatakan bahwa belum ada satu pun kasus yang dikonfirmasi di sana, meskipun para analis telah mempertanyakan apakah itu mungkin.

Korea Utara adalah negara pertama yang menangguhkan pariwisata dan menutup perbatasannya sebagai tanggapan terhadap virus tersebut, pada minggu ketiga Januari 2020. Negara ini memiliki sistem kesehatan yang rapuh, yang oleh para ahli dikhawatirkan akan cepat kewalahan menghadapi pandemi virus corona.

Korea Utara mengecam Korea Selatan atas latihan militer baru-baru ini, ketika pemimpin Kim Jong-un mengirim pesan pribadi ke Presiden China Xi Jinping untuk memberi selamat kepadanya atas keberhasilan negara itu dalam mengendalikan virus corona, lapor media pemerintah hari Jumat 8 Mei 2020.

Perwakilan militer Korea Utara mengatakan pada hari Jumat bahwa latihan militer Korea Selatan baru-baru ini adalah provokasi besar yang menuntut reaksi, menurut sebuah pernyataan yang dilakukan oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

“Latihan baru-baru ini berfungsi sebagai kesempatan yang membangkitkan kita sekali lagi pada kenyataan bahwa musuh tetap musuh sepanjang waktu,” kata pernyataan itu. (*)

BERITA REKOMENDASI