Hah! Pria India Ini Operasi Otak Sambil Main Gitar

BANGALORE (KRjogja.com) – Biasanya seorang pasien yang menjalani operasi besar akan berada dalam kondisi tak sadarkan diri. Dan bagi beberapa dari mereka yang tetap sadar biasanya akan sibuk mengumandangkan doa-doa. Namun, seorang pria asal India ini justru sibuk memetik gitar sembari dokter melakukan operasi di bagian kepalanya. Pria yang diketahui bernama Abhisek Prasad itu ternyata melakukan hal unik tersebut bukan tanpa alasan.

Pria berusia 37 tahun diketahui menderita kelainan neurologis yang menyebabkan ia sulit menggerakan jari-jarinya. Melansir Straitimes, Sabtu (22/7/2017), Prasad sebelumnya telah berupaya mencari alternatif pengobatan untuk menyembuhkan penyakit langkanya tersebut sebelum akhirnya mendapat rekomendasi untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhagwan Mahaveer Jain di Bangalore.

Aksi memainkan gitar sembari dioperasi yang dilakukan Prasad diketahui merupakan bagian dari upaya terapi penyembuhan yang disebut dengan "distonia musisi". Teknik ini dimaksudkan untuk membalikkan kondisi. Prasad menjalani operasi dalam keadaan sadar dan hanya mendapatkan bius lokal. Ahli bedah mengebor tengkorak Prasad dan memasang sebuah elektroda.

"Selama operasi ini, Abhishek benar-benar terjaga dan bermain gitar, karena masalah bisa terdeteksi saat bermain. Umpan balik ini sangat penting bagi para dokter untuk bisa mendapatkan lokasi atau target yang tepat untuk selanjutnya ditindaklanjuti," ujar Dokter Sharan Srinivasan yang mengoperasi Prasad.

Prasad sendiri menggambarkan pengalaman uniknya itu dengan kata "ajaib" di mana ia berhasil tetap terjaga dalam operasi yang berlangsung selama tujuh jam tersebut.

"Saya kagum melihat jari-jari saya membaik secara ajaib di meja operasi itu sendiri. Pada akhir operasi, jari-jari saya 100% sembuh dan saya bisa menggerakannya seperti sebelumnya," terang Prasad.

Sebagai ucapan terimakasih pada dokter yang telah membantu menyembuhkan penyakitnya, Prasad mempersembahkan beberapa lagu yang diiringi gitar yang ia mainkan sendiri. (*)

BERITA REKOMENDASI