Hamas dan Fatah Segera Gelar Pemilu Palestina

Editor: Ivan Aditya

PALESTINA, KRJOGJA.com – Dua faksi perjuangan Palestina, Hamas dan Fatah, sepakat akan mengadakan pemilihan umum pertama mereka dalam hampir 15 tahun terakhir.

Pernyataan itu menyusul pembicaraan pada pekan ini yang bertujuan mengakhiri pertikaian di dalam pemerintahan Palestina.

Pejabat Senior Fatah, Jibril Rajoub, dalam sebuah pernyataan mengatakan kedua faksi menyepakati pemilihan dengan perwakilan proporsional yang akan berlangsung dalam enam bulan mendatang.

Ia mengatakan pemilihan terpisah akan berlangsung untuk menentukan Dewan Legislatif Palestina, Presiden Otoritas Palestina, dan Dewan Nasional Palestina.

“Kepemimpinan Palestina harus bertemu pada pekan depan untuk menyetujui mekanisme demi melanjutkan proses pembangunan kemitraan nasional, berdasarkan proyek kenegaraan dan perlawanan rakyat untuk menghadapi ‘kesepakatan abad ini’, rencana aneksasi Israel, dan gelombang normalisasi,” ujar Rajoub.

Pekan ini, perwakilan dari Hamas dan perwakilan Fatah, Presiden Mahmoud Abbas, bertemu di Turki guna berdialog untuk mengakhiri keretakan selama bertahun-tahun. (*)

BERITA REKOMENDASI