Hamas Umumkan Gencatan Senjata dengan Isreal

Editor: Ivan Aditya

PALESTINA, KRJOGJA.com – Penguasa Gaza, Hamas mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan yang dimediasi oleh Qatar untuk mengakhiri baku tembak lintas batas dengan Israel.

Baku tembak ini telah terjadi lebih dari tiga pekan. Setelah pembicaraan dengan utusan Qatar Mohammed el-Emadi kesepahaman dicapai.

“Kesepahaman telah dicapai untuk mengakhiri agresi (Israel) terhadap rakyat kami,” kata kantor pemimpin Gaza di wilayah Palestina Yahya Sinwar.

Dalam eskalasi terbaru, Israel telah mengebom Gaza hampir setiap hari sejak 6 Agustus. Aksi ini sebagai tanggapan atas roket yang diluncurkan melintasi perbatasan.

Pemadam kebakaran mengungkap bom api telah memicu lebih dari 400 kebakaran dan merusak sebagian lahan pertanian di Israel selatan. Delegasi Mesir telah bolak-balik antara kedua belah pihak untuk mencoba menengahi pembaruan gencatan senjata informal.

Gencatan tersebut berisi Israel yang berkomitmen untuk meringankan blokade di Gaza dengan imbalan ketenangan di perbatasan. Hal itu diikuti oleh Emadi, yang juga mengadakan pembicaraan dengan pejabat Israel di Tel Aviv. (*)

BERITA REKOMENDASI