Harga Minyak Mulai Naik

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Harga minyak melonjak pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah produsen-produsen minyak sepakat meningkatkan produksi minyak mentah secara moderat guna mengkompensasi kekurangan produksi pada saat meningkatnya permintaan global. Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen minyak mentah lainnya, bertemu di Wina, setuju untuk meningkatkan produksi mulai Juli sekitar satu juta barel per hari (bph).

Namun demikian, kenaikan riilnya akan menjadi sekitar 770.000 barel per hari, menurut Irak, karena beberapa negara yang baru-baru ini mengalami penurunan produksi akan kesulitan untuk mencapai kuota penuh, sementara produsen lainnya mungkin tidak dapat mengisi kekurangan tersebut. Peningkatan produksi riil memberikan nada bullish, karena mereka datang di bawah beberapa angka tertinggi yang telah dibahas sebelum pertemuan.

"Ada banyak antisipasi di pasar bahwa akan ada banyak minyak baru yang datang ke pasar, dan itu tidak akan terjadi, setidaknya untuk saat ini," kata John Kilduff, mitra di Again Capital.

Patokan global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus, naik 2,50 dolar AS atau 3,4%, menjadi ditutup pada 75,55 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. Sementara itu, patokan AS, patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus, naik 3,04 dolar AS atau 4,6%, menjadi menetap di 68,58 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. (*)

BERITA REKOMENDASI