Hari Ini, Donald Trump Bicara di Sidang Majelis Umum PBB untuk Pertama Kalinya

NEW YORK, KRJOGJA.com – Sejak dilantik awal tahun, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah tampil dan menyampaikan pidato dalam berbagai forum kenegaraan. Namun hari ini, ia akan tampil untuk pertama kalinya di PBB dan membawa keluhannya mengenai badan dunia itu langsung ke sumbernya.

Dalam penampilan pertamanya sebagai presiden, Trump hari ini akan berpidato dalam acara yang disponsori Amerika mengenai reformasi organisasi yang beranggotakan 193 negara itu yang telah dikecamnya dengan tajam.

Ketika ia calon presiden, Trump menyebut PBB lemah dan tidak terampil, dan bukan sahabat Amerika Serikat atau Israel. Tetapi ia telah memperlunak nada sikapnya sejak memangku jabatan, dengan memberitahu para Duta Besar negara-negara anggota dewan keamanan dalam pertemuan di Gedung Putih bahwa PBB mempunyai potensi yang sangat besar.

Trump baru-baru ini memuji dua pemungutan suara dewan keamanan yang dengan suara bulat memperketat sanksi terhadap Korea Utara karena terus melakukan percobaan senjata nuklir dan misil balistik. (*)

BERITA REKOMENDASI