Hari Ini Halimah Yacob Dilantik Jadi Presiden Singapura

SINGAPURA, KRJOGJA.com – Tanpa melalui pemilihan umum, Halimah Yacob resmi menjadi presiden terpilih Singapura. Ia mencatat sejarah sebagai presiden wanita pertama di Negeri Singa.

"Sebagaimana diketahui, Nyonya Halimah adalah satu-satunya kandidat. Maka saya nyatakan, Halimah Yacob sebagai kandidat presiden terpilih Republik Singapura," ujar Returning Officer Singapura, Ng Wai Choong, seperti dikutip dari The Straits Times pada Rabu (13/9/2017).

Pasca-pengumuman tersebut, sorak-sorai pecah seketika di kalangan pendukung Halimah yang kompak mengenakan kostum serba oranye.

Dalam sebuah pidato singkat yang disampaikan di hadapan para pendukungnya, Halimah mengatakan bahwa dirinya adalah presiden bagi seluruh rakyat Singapura. "Saya adalah presiden bagi setiap orang, terlepas dari ras, bahasa, agama, atau kepercayaan…."

Halimah yang berbicara dalam bahasa Inggris dan Melayu juga mengatakan bahwa terpilihnya ia menunjukkan "hal yang sangat positif bagaimana Singapura mempraktikkan multirasialisme".

"Saya berdiri di hadapan Anda sebagai Presiden Melayu kedua dalam 47 tahun sejarah negara kita. Saya percaya bahwa ini adalah momen yang membanggakan bagi Singapura, bagi multikulturalisme dan multirasisme di masyarakat kita. Ini menunjukkan bahwa multirasisme bukan sekadar slogan, dan ini hal yang baik untuk didengar atau disampaikan. Itu benar-benar bekerja di dalam masyarakat bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk mengisi posisi tertinggi di negeri ini," ujar perempuan berusia 63 tahun tersebut.

Kantor Perdana Menteri dalam pernyataannya mengatakan, "Presiden ke-8 Singapura, Nyonya Halimah Yacob, akan dilantik pada hari Kamis, 14 September 2017, pukul 18.00, di Istana." (*)

 

BERITA REKOMENDASI