Hari Kelahiran Pancasila Diperingati WNI di Italia

ROMA,KRJOGJA.com – Serunya suasana peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2017 ternyata tak hanya dirasakan di Tanah Air. WNI di Italia juga tak ketinggalan ikut memeriahkan peringatan lahirnya dasar negara Indonesia itu.

Berbeda dengan di Indonesia di mana 1 Juni ditetapkan sebagai libur nasional, para WNI di Italia tetap beraktivitas sebagaimana biasanya. Bedanya, mereka menyempatkan diri untuk sejenak mengekspresikan rasa cinta terhadap Pancasila.

Di KBRI Roma, Duta Besar Esti Andayani memimpin Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila, yang diikuti oleh seluruh staf KBRI Roma, anggota Dharma Wanita Persatuan serta pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Roma.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Esti Andayani menyampaikan pesan mengenai pentingnya menjaga kebersamaan dan rasa gotong royong bagi warga Indonesia di Italia, Siprus, Malta dan San Marino, yang saat ini jauh dari Tanah Air sembari terus meningkatkan citra Indonesia.

"Keberagaman bangsa adalah kekayaan kita, persatuan itulah kekuatan kita, dan Pancasila menjadi naungan kita semua," tegas Duta Besar Esti Andayani seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Sabtu (3/6/2017).

Selama sepekan ini, warga Indonesia dilibatkan KBRI Roma dalam berbagai ragam ekspresi yang menunjukkan komitmen mereka atas nilai-nilai Pancasila dan persatuan Indonesia. Berbagai foto dan pesan video terkait Pekan Pancasila 2017 disebarkan melalui jejaring media sosial KBRI Roma dan Pekan Pancasila.

Para ibu dari Milan dan sekitarnya, juga para pelajar dari kota Roma, Milan hingga Calabria tak mau ketinggalan untuk turut serta.

Dalam Pekan Pancasila ini, pengurus PPI Roma juga berdiskusi dengan KBRI Roma mengenai upaya memperkuat promosi Indonesia di Italia. Seiring dengan meningkatnya minat mahasiswa Indonesia untuk belajar di Italia dan sebaliknya.

Selain itu, dalam Pekan Pancasila juga akan digelar kegiatan buka puasa bersama oleh beragam komponen masyarakat Indonesia di berbagai daerah di Italia. Kegiatan ini diyakini akan dapat mempererat rasa kebersamaan antar-masyarakat Indonesia.

Pemerintah Italia sendiri dalam berbagai kesempatan menegaskan bahwa masyarakat majemuk Indonesia dengan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadi contoh bagi dialog lintas agama dan budaya.(*)

BERITA REKOMENDASI