Haru! Presiden Korsel Adopsi Seekor Anjing Terlantar

SEOUL (KRjogja.com) – Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in menyambut penghuni baru di Gedung Biru. Penghuni baru tersebut diketahui merupakan seekor anjing terlantar yang ia adopsi. Hal ini, Moon lakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas janjinya semasa kampanye.

Sebelumnya, Presiden Moon berjanji akan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kepedulian terhadap hewan-hewan yang sengaja ditelantarkan. Diwartakan Strait Times, Kamis (27/7/2017), anjing yang diadopsi presiden Moon merupakan anjing jenis Tori berusia empat tahun.

Presiden Negeri Ginseng itu sendiri sebelumnya diketahui telah memiliki beberapa hewan peliharaan yang terdiri dari eekor anjing Pungsan berusia 10 tahun yang bernama Maru dan seekor kucing bernama Jjing Jing.

"Sebagai bagian dari sebuah masyarakat, kita perlu memberi perhatian lebih terhadap hewan-hewan yang ditelantarkan dan merawat mereka," ujar Moon berbicara dalam sambutannya di hadapan para aktivis perlindungan hewan.

Saat ini, sekira terdapat 300 ribu hewan di Korsel yang sengaja ditinggalkan oleh pemiliknya. Anjing jenis Tori sendiri di Korsel merupakan jenis anjing yang mendapatkan diskriminasi karena memiliki bulu yang gelap dan terkait dengan mitos tertentu.

"Anjing jenis Tori ini harus menunggu selama dua tahun untuk diadopsi saat teman-temannya dengan mudah mendapatkan rumah baru. Kami berharap Tori menemukan kenyamanan di Gedung Biru dan tidak seperti sembilan anjing yang ditinggalkan oleh mantan Presiden Park Geun-hye," terang kepala penampungan hewan Seoul Coexistence of Animal Rights on Earth, Park Soyoun.

Sebelumnya, Mantan Presiden Park Geun-hye menuai kritik dari masyarakat setelah meninggalkan sembilan anjing begitu saja tanpa perawatan yang memadahi. Korsel sendiri juga kerap menerima kritik dari dunia internasional karena kebiasaan sebagian masyarakatnya yang kerap mengonsumsi daging anjing. (*)

BERITA REKOMENDASI