Hasil Resmi Pilpres Amerika Diumumkan 29 November

Editor: Ivan Aditya

WASHINGTON (KRjogja.com) – Proses perhitungan hasil pilpres AS 2016 masih berlangsung. Jim Mullinax, Konsul Bidang Ekonomi Kedubes AS di Jakarta mengatakan, hasil resmi pilpres AS baru akan dilakukan pada 29 November 2016 atau 21 hari setelah pemilu berlangsung.

"Proses yang panjang," ujar Jim di @america, Pacific Place, Jakarta, Rabu (09/11/2016).

Sementara itu, capres Partai Demokrat Hillary Clinton menyaksikan proses perhitungan pilpres AS 2016 ditemani suami dan anak mereka serta juga Barack Obama dan istri. Sehari sebelumnya, Obama telah menyerukan warga AS untuk memilih Clinton.

“Dia ini adalah pejuang, negarawan, ibu, nenek, patriot dan presiden kita mendatang yang akan memimpin negara kita tercinta, Amerika Serikat," seru Obama di hadapan ribuan pendukung Demokrat di New York.

Selain Obama, Clinton juga mendapatkan dukungan dari para pesohor seperti Lady Gaga, Madonna, Beyonce dan Jay-Z. Di New York Madonna menggelar konser khusus untuk memeriahkan pilpres AS dengan menyanyikan lagu lawas John Lennon "Imagine". Sementara Clinton di akhir kampanyenya, menyerukan warga AS untuk tetap bersatu.

Di pihak lain, tim kampanye Trump mengatakan bahwa hasil sigi tak bisa jadi jaminan sebagaimana yang juga terjadi saat referendum Brexit Juni lalu. "Kami belakangan ini mendapatkan banyak momentum menggembirakan," ujar manajer kampanye Trump Dave Bossie. (*)

BERITA REKOMENDASI