Hassan Rouhani Gelar Rapat Kabinet Terakhir

Editor: Ivan Aditya

IRAN, KRJOGJA.com – Preesiden Iran Hassan Rouhani meminta maaf kepada rakyatnya atas segala kekurangan dan keterbukaan informasi dalam delapan tahun masa pemerintahannya. Hal itu ia sampaikan dalam rapat kabinet terakhirnya menjelang lengser dari kursi kepresidenan untuk kemudian digantikan oleh Ebrahim Raisi.

Rouhani, yang cenderung menutup diri dari pertemuan dengan pihak luar selama masa jabatannya memohon “pengampunan dari rakyat Iran. Pemerintahnya diketahui menghadapi kritik keras terkait penanganan pandemi Covid-19 dan masalah ekonomi, terutama setelah AS keluar dari kesepakatan nuklir pada 2018 dan memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran.

“Jika hendak menghakimi pemerintahan ini, Anda harus mempertimbangkan masalah perang ekonomi, Covid-19, dan kekeringan,” kata Rouhani

Selain meminta maaf, Rouhani menyampaikan selama menjabat pemerintahannya hanya bisa mengungkap sebagian dari kenyataan yang dialami Iran saat ini dengan dalih menjaga keamanan nasional.

“Apa yang kami sampaikan kepada rakyat tidak bertentangan dengan kenyataan, tetapi kami tidak menyampaikan seluruh kebenaran kepada mereka,” ujar Rouhani tanpa memberi penjelasan lebih lanjut. (*)

BERITA REKOMENDASI