Hati-hati Bawa Barang Berharga saat Ibadah

Editor: Ivan Aditya

MADINAH, KRJOGJA.com – Jemaah haji yang ingin melaksanakan ibadah di Masjid Al Haram Nabawi dihimbau tidak membawa perhiasan atau barang berharga secara berlebihan. Hal tersebut untuk menghindari kerugian pribadi karena banyaknya orang dengan berbagai niat dan tujuan.

"Jangan membawa perhiasan, barang berharga berlebihan saat berada di luar hotel, termasuk ketika ingin ibadah di Masjid Nabawi," ucap Kepala Sektor 5 Madinah, Khalilurrahman.

Termasuk bagi jemaah yang menderita sakit bawaan dari Tanah Air dan harus mengonsumsi obat rutin sebaiknya membawa saat pergi kemanapun. Untuk jemaah lansia dan resiko tinggi (risti) juga dihimbau jangan sampai kelelahan dan memaksakan diri. "Kalau capek ya istirahat. Jangan dipaksakan," imbuh Khalil.

Himbauan tersebut juga makin ditekankan Linjam Sektor 4 Madinah, Heru Meiyanto setelah ada kejadian pencopetan yang dialami jemaah haji asal Embarkasi Palembang (PLM) bernama Hopiyah binti Dulhamin (63) saat melaksanakan Salat Subuh di Masjid Nabawi, Rabu (10/07/2019) pukul 04.45 WAS.

Heru menjelaskan, saat berada di Masjid Nabawi Hopiyah tiba-tiba didatangi empat perempuan berpakain serba hitam yang langsung menepuk pundaknya dan mengambil uang sekitar Rp 8 juta.

"Kejadiannya di dalam Masjid Nabawi dekat pintu 12. Mohon diinfokan pada jemaah lain agar lebih waspada baik di hotel, perjalanan menuju Masjid Nabawi maupun ketika berada di kompleks masjid," ucap Heru. (Feb)

BERITA REKOMENDASI