Hilang 77 Tahun, Bangkai Kapal Selam Inggris Ditemukan

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Kapal selam perang milik Inggris HMS Urge yang dinyatakan hilang secara misterius pada 77 tahun silam. Kapal misterius ini ditemukan peneliti menggunakan kendaraan bawah air otonom, di lepas pantai Kepulauan Malta, Kepulauan Mediterania, Eropa Selatan.

Urge hilang di puncak Perang Dunia II setelah beberapa kali melakukan misi perang. Kala itu, Kepulauan Malta memang menjadi pangkalan kapal selam milik Inggris. Namun, penyerangan yang dilakukan oleh tentara Jerman di sekitar Mediterania membuat Angkatan laut Inggris memerintahkan komandan kapal untuk menuju Mesir.

Urge mulai meninggalkan Kepulauan Malta pada 27 April 1942. Sejak itu, kapal selam tersebut tidak pernah mencapai pelabuhan Mesir.

Menurut para peneliti yang menemukan bangkai kapal, kapal selam itu ditenggelamkan oleh ranjau yang dipasang di sekitar pulau selama Perang Dunia II.

Sekarang, kapal selam yang telah menjadi bangkai itu terdampar di dasar laut, sekitar 400 kaki atau 122 meter di bawah laut. Namun, lokasi persisnya belum diungkapkan. (*)

BERITA REKOMENDASI