Hilang, Tujuh Penumpang Kapal Feri Ditemukan

WELLINGTON, KRJOGJA.com – Tujuh orang yang selamat dari sebuah kapal feri yang Kepulauan Kiribati sepekan lalu ditemukan mengambang di Samudera Pasifik. 

Mereka ditemukan dalam sebuah perahu kecil oleh pasukan pertahanan Selandia Baru yang melakukan pencarian dari udara. Kapal feri MV Butiraoi yang membawa 50 penumpang dilaporkan hilang lebih dari sepekan yang lalu. 

Selandia Baru dan Fiji memberikan bantuan untuk mencari kapal nahas itu, tetapi selain tujuh orang yang ditemukan selamat, 43 penumpang lainnya masih belum ditemukan.

BBC, Minggu (28/1/2018) melaporkan, para penyintas ditemukan oleh pesawat pengintai P-3K2 Orion Selandia Baru dalam sebuah perahu sepanjang 5 meter pada Minggu pagi. Para kru pesawat menjatuhkan radio dan barang-barang kebutuhan penting lainnya ke arah perahu untuk memudahkan upaya pencarian dan penyelamatan.

"Awak kapal telah menjatuhkan pasokan bantuan yang mengandung air, makanan dan radio dan saat ini mencoba menjalin komunikasi dengan mereka," kata Komodor Udara Darryn Webb sebagaimana dilansir BBC.

Sebuah kapal nelayan yang berjarak sekira 92 kilometer dari lokasi telah diperingatkan untuk bergerak menuju ke arah perahu tersebut.

Menurut John Ashby dari Pusat Koordinasi Penyelamatan Selandia Baru, perahu tersebut adalah satu dari dua perahu penyelamat yang dibawa oleh MV Butiraoi. Sampai perahu penyelamat itu ditemukan, masih belum ada informasi mengenai keberadaan kapal feri tersebut atau nasib para penumpang lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI