Hong Kong Tunda Pemilu Hingga 2021

Editor: Ivan Aditya

HONGKONG, KRJOGJA.com – Pemerintah Hong Kong memutuskan menunda pemilihan umum legislatif yang seharusnya digelar pada September mendatang hingga 2021 karena wabah virus corona (Covid-19).

Pemimpin Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam mengatakan langkah penundaan pemilihan Dewan Legislatif yang dijadwalkan pada 6 September merupakan keputusan tersulit yang dia buat dalam tujuh bulan terakhir. Dia mengatakan mendapat dukungan dari pemerintah pusat China dalam membuat keputusan ini.

Lam mengatakan penundaan perlu dilakukan untuk melindungi kesehatan masyarakat dan menjamin keadilan dalam pemilihan. “Gelombang baru epidemi mungkin memakan waktu beberapa pekan atau bahkan lebih lama. Bahkan jika epidemi mulai stabil, masyarakat membutuhkan waktu untuk pulih,” katanya.

Di bawah Undang-Undang Dasar Hong Kong, jangka waktu Dewan Legislatif dibatasi hingga empat tahun. Oleh karena itu, Lam mengatakan bahwa dia telah menghubungi Pemerintah Pusat Rakyat untuk mendapatkan panduan tentang bagaimana menghadapi kekosongan satu tahun ini.

Lam mengatakan Beijing akan membuat pengajuan kepada komite Kongres Rakyat Nasional untuk membuat keputusan. (*)

BERITA REKOMENDASI