Horee.. ke Brasil Sekarang Bebas Visa

BOGOR, KRJOGJA.com – Perwakilan pemerintah Indonesia dan Brasil menandatangani kesepakatan bebas visa bagi diplomat dan pejabat pemerintah, serta warga negara pemegang paspor biasa yang hendak berkunjung ke masing-masing negara.

Penandatanganan itu dilakukan dalam pertemuan bilateral Menteri Luar Negeri Brasil Aloysio Nunes dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Bogor, Jumat (11/5/2018).

"Kita telah menandatangani persetujuan bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas, serta pertukaran nota bebas visa untuk pemegang paspor biasa," kata Retno dalam konferensi pers bersama Nunes di Bogor.

Nunes mengapresiasi penandatanganan kesepakatan tersebut. Ia menganggap kerja sama teranyar itu mampu semakin mempererat hubungan bilateral kedua negara yang saat ini berada dalam level kemitraan strategis atau strategic partnership.

Retno juga berharap agar kesepakatan bebas visa itu mampu meningkatkan hubungan warga kedua negara atau people-to-people contact, lewat turisme dan bentuk-bentuk pertukaran antarmasyarakat lainnya.

Kebijakan bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas telah berlaku sejak kesepakatan itu ditandatangani, yakni pada 11 Mei 2018.

Adapun, kebijakan bebas visa untuk pemegang paspor biasa baru berlaku 30 hari sejak penandatanganan nota dilakukan oleh perwakilan Indonesia dan Brasil, kata Muhammad Anshor, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu RI yang turut hadir dalam pertemuan bilateral tersebut.(*)

BERITA REKOMENDASI