Hotel di China Larang Tamu dari Lima Negara

Editor: Ivan Aditya

CHINA (KRjogja.com) – Polisi memerintahkan sejumlah hotel berbintang rendah di Guangzhou, China, untuk tidak menerima tamu yang berasal dari lima negara. Perintah ini dikeluarkan meskipun kementerian luar negeri mengaku tidak mengetahui ada kebijakan semacam itu.

Tiga hotel dengan biaya kamar sekitar 150 yuan, atau Rp298 ribu per malam menyatakan mereka menerima pemberitahuan soal kebijakan itu dari polisi sejak awal Maret lalu. Mereka mengaku tidak boleh menerima tamu dari Pakistan, Suriah, Irak, Turki dan Afghanistan.

Pemberitahuan ini berlaku hanya untuk hotel-hotel murah yang menawarkan tarif di bawah harga pasaran. Pasalnya, dua hotel kelas atas China tidak menerima perintah untuk menerapkan kebijakan itu.

Media Hong Kong melaporkan kebijakan itu merupakan salah satu langkah keamaan menyusul penyelenggaraan forum pembangunan di Guangzhou pekan ini. Langkah itu juga disebut sebagai tindakan pencegahan serangan teror menjelang KTT G20 pekan depan di Hangzhou, meskipun kedua kota tersebut terpaut jarak lebih dari 1.000 km. (*)

BERITA REKOMENDASI