Hubungan Turki dan Yunani Memanas di Mediterania

Editor: Ivan Aditya

TURKI, KRJOGJA.com – Ketegangan antara Turki dan Yunani kembali terjadi setelah Athena mengirim jet tempur ke Laut Aegea di Mediterania Timur. Turki menuduh keberadaan jet tempur Yunani telah mengganggu kapal mereka di sana.

Sumber kementerian pertahanan Turki mengatakan empat jet tempur F-16 Yunani terlibat dalam tindakan provokatif dan mengganggu kapal Cesme di perairan internasional Aegean utara. Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar menyayangkan keberadaan jet tempur Yunani di daerah tersebut. “Sayangnya, ini adalah salah satu gangguan yang sering dilakukan oleh tetangga kami di Yunani,” kata Akar di Ankara.

Sumber pertahanan Turki juga menyebut salah satu pesawat Yunani menjatuhkan sekam kartrid berjarak 3,7 kilometer laut dari kapal Turki. Kartrid digunakan untuk membingungkan atau menonaktifkan radar lawan.

Sementara Kementerian Pertahanan Yunani membantah tudingan Turki. Pihaknya mengatakan angkatan udara mereka sedang melakukan latihan militer dan berada cukup jauh dari kapal Turki.

Kemunculan kapal Yunani itu tak pelak memicu ketegangan antara kedua pihak. Turki mengumumkan bahwa kapal Cesme akan melakukan survei hidrografi dari 18 Februari hingga 2 Maret. (*)

BERITA REKOMENDASI