Hujan Tak Mampu Padamkam Kebakaran Hutan Australia

Editor: Ivan Aditya

AUSTRALIA, KRJOGJA.com – Hujan lebat disertai petir yang terjadi di sejumlah kawasan di negara bagian New South Wales, Australia tidak signifikan memadamkan api akibat kebakaran hutan. Kendati demikian, hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir mampu mengendalikan penyebaran titik api.

Layanan pemadam kebakaran New South Wales, Ben Shepherd mengatakan hujan deras berimbas signifikan pada pengurangan kebakaran hutan. Hingga Selasa (21/01/2020) pagi, jumlah titik api sempat turun menjadi 87 dari sepekan sebelumnya sebanyak 101 kebakaran.

Kendati demikian, jumlah titip api pada Selasa tercatat meningkat dari periode Kamis (16/01/2020) yang mencapai 82. Di Victoria, jumlah titik api pada Selasa mencapai 17 kebakaran atau lebih banyak dari periode sepekan sebelumnya.

"Hujan belum bisa memadamkan kebakaran sepenuhnya, tetapi untuk sementara bisa menghentikan penyebaran titik api," ujar Shepherd.

Shepherd mengatakan tim pemadam kebakaran melihat adanya potensi peningkatan aktivitas kebakaran hutan di New South Wales. "Hujan yang turun memberi kesempatan bagi kru kami untuk beristirahat dari lelah fisik dan mental," imbuhnya. (*)

BERITA REKOMENDASI