Hungaria Tolak Imigran Timur Tengah

Editor: Ivan Aditya

BUDAPEST (KRjogja.com) – Pemerintah Hungaria akan menghentikan penerimaan migran yang latar belakang budaya dan sejarahnya berbeda dengan negara mereka. Hal tersebut diungkapkan Menteri Ekonomi Hungaria Mihaly Varga.

Diakui Mihaly, negaranya saat ini sangat membutuhkan migran untuk memenuhi kekuarangan tenaga kerja lantaran banyak warga Hungaria lebih memilih bekerja ke sejumlah negara UE yang memberikan gaji lebih tinggi ketimbang di dalam negeri. Akan tetapi, migran yang akan diterima di Hungaria bukan dari Timur Tengah dan kawasan lainnya yang budaya dan sejarahnya berbeda.

“Hanya migran dari latar belakang 'budaya dan sejarah' yang sama dengan Hungaria yang boleh diizinkan tinggal di sini," ujarnya.

Dalam hal ini, prefensi Hungaria terkait migran yang boleh diterima masuk adalah mereka yang berasal dari negara-negara Eropa yang bukan anggota UE, termasuk negara-negara Balkan seperti Serbia. Sikap Hungaria ini membuat masalah yang saat ini dihadapi UE semakin bertambah setelah Inggris memutuskan keluar dari blok ekonomi terbesar di Eropa tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI