Hutan California Terbakar

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Petugas pemadam kebakaran di negara bagian California, Amerika Serikat, meminta penduduk di sekitar lokasi kebakaran hutan untuk tetap berada di luar zona evakuasi untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu api kembali berkobar.

Gubernur California, Gavin Newsom, mengatakan pekan ini akan menjadi masa yang kritis dalam upaya menjinakkan si jago merah, karena lebih dari 14.000 petugas pemadam kebakaran tengah berupaya memerangi 17 titik kebakaran utama. Sebagian besar titik api itu ada di utara California dan menyebabkan Kota San Francisco terkepung dari tiga sisi.

“Kami menghadapi kondisi iklim berbeda yang memicu kebakaran seperti yang belum pernah kami lihat dalam sejarah modern,” kata Gavin.

Kebakaran hebat melanda di negara bagian California, karena cuaca ekstrem sepekan terakhir. Api menghanguskan sekitar 312 ribu hektare hutan dan lahan. Kebakaran kali ini disebut sebagai yang terbesar ke-10 dalam sejarah negara bagian itu, dan baru dapat diatasi tujuh persen. (*)

BERITA REKOMENDASI