IABC Roundtable 2021 Bahas Kerjasama Ekonomi RI-Australia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dialog virtual IABC (Indonesia Australia Business Council) yang dimoderatori President National IABC, George Iwan Marantika, mengangkat tema “IA_CEPA (Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement) in the era of the Global COvid Pandemic” bertujuan untuk mendiskusikan kerjasama ekonomi Indonesia Australia.

Kerjasama ini telah diratifikasi dan berlaku secara hukum di Indonesia dan di Australia 1 tahun yang lalu tepatnya tanggal 5 Juli yang lalu dan dampak global pandemic COVID 19 terhadap implementasi kerjasama ekonomi ini. Pembukaan dialog virtual disampaikan oleh Dr. Siswo Pramono, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kementerian Luar Negeri RI.

Dr. Siswo Pramono berpendapat bahwa implementasi IA-CEPA sangat penting tidak hanya bagi Indonesia dan Australia tetapi juga bagi negara-negara ASEAN. Indonesia dan Australia berkomitmen untuk menjaga negara-negara ASEAN dan Oseania. Penerapan IA-CEPA dapat memperkuat dan meningkatkan investasi ke Indonesia serta dampak IA-CEPA terhadap peningkatan perdagangan dari Indonesia ke Australia dan ke negara2 ketiga seperti negara2 di kepulauan pasifik signifikan dan strategis.

BERITA REKOMENDASI