Identitas Teroris Serangan di Iran Terkuak

Editor: Ivan Aditya

IRAN, KRJOGJA.com – Lima pelaku serangan kembar di Teheran merupakan warga Iran yang direkrut ISIS. Hal itu diumumkan otoritas Iran secara resmi seperti dilaporkan AFP, Kamis, 8 Juli 2017.

"Kelima teroris tersebut setelah bergabung dengan grup teroris ISIS. Meninggalkan Iran dan pergi ke Mosul serta Raqqa untuk menjalankan perintah kelompok teroris tersebut," demikian pernyataan pemerintah Teheran.

Jumlah korban tewas dalam serangan kembar di ibukota Iran itu bertambah dari 12 orang menjadi 17 orang. Sementara lebih dari 50 lainnya terluka.

Otoritas Iran juga mengumumkan nama kelima pelaku tersebut beserta foto mereka. Kemenlu Iran menyebutkan bahwa kelima orang tersebut merupakan bagian dari jaringan ISIS yang masuk ke Iran pada Juli-Agustus 2016. Jaringan tersebut dipimpin komandan ISIS bernama Abu Aisha.

Setelah Abu Aisha tewas, kelima warag Iran yang menjadi anggota ISIS tersebut meninggalkan Teheran. Otoritas Kemenlu mengaku masih belum tahu kapan kelima orang tersebut kembali ke Iran sebelum akhirnya melakukan serangan teroris di Parlemen dan makam Khomeini.

Seperti diketahui, serangan kembar di Iran terjadi di dua tempat dalam waktu yang hampir bersamaan. Serangan pertama, penembakan di parlemen dan serangan kedua adalah bom bunuh diri di makam Ayatullah Ruhullah Khomeini di selatan Teheran. (*)

BERITA REKOMENDASI