Ilmuan Temukan Katak Bercahaya

Editor: Ivan Aditya

ARGENTINA, KRJOGJA.com – Katak unik ditemukan di Argentina. Keunikan katak ini terletak pada kulitnya yang bisa memancarkan warna hijau di bawah sorotan sinar UV.

Perhatian para peneliti tertuju pada makhluk aneh karena kecelakaan saat mempelajari pigmen kulit katak pohon polkadot di Amazon. Katak itu berwarna hijau kusam atau coklat dengan bintik-bintik merah di cahaya normal namun para peneliti terkejut menemukan bahwa katak berkilau dengan cahaya neon di bawah senter UV mereka.

Pigmen kulit bersinar seperti neon itu menyerap cahaya pada wavelengths pendek dan memancarkan ulang itu pada wavelengths lebih panjang. Mereka jarang terjadi pada hewan yang hidup di darat, tetapi bisa ditemukan di beberapa makhluk bawah air seperti spesies ubur-ubur tertentu dan anglerfish.

Penemuan ini menunjukkan bahwa spesies amfibi lainnya memiliki cahaya neon. Secara khusus, para peneliti mengatakan amfibi dengan kulit tembus seperti katak yang mereka temukan. Co-author Dr Julian Faivovich mengatakan berharap penemuan tersebut akan menginspirasi ilmuwan lain untuk menemukan lebih banyak amfibi bersinar. (*)

BERITA REKOMENDASI