Imbas Corona, HUT Kaisar Jepang Dibatalkan

TOKYO, KRJOGJA.com – Pihak berwenang Jepang telah membatalkan perayaan publik untuk ulang tahun Kaisar Naruhito karena penyebaran virus korona. Hal itu disampaikan badan rumah tangga kerajaan melalui pernyataan resminya.

“Mengingat berbagai situasi, kami telah memutuskan untuk membatalkan kunjungan oleh masyarakat umum ke istana untuk ulang tahun Yang Mulia,” demikian pernyataan dari badan rumah tangga kekaisaran sebagaimana dilansir Sputnik, Senin (17/2/2020). “Penampilan Yang Mulia (Kaisar Naruhito) di pagi hari, serta penandatanganan buku sambutan di depan umum, akan dibatalkan”.

Kaisar Naruhito naik takhta tahun lalu, menjadi Kaisar Jepang ke-126 setelah ayahnya turun tahta. Pidato ulang tahun pada Minggu, 23 Februari 2020 akan menjadi yang pertama disampaikan oleh Kaisar Naruhito sejak dia naik takhta, tetapi ketakutan akan infeksi virus korona, atau Covid-19, membuat pihak berwenang Tokyo menahan diri dari mengadakan upacara yang ramai.

Pekan lalu, Tokyo melaporkan kematian pertama dari Covid-19 di negara itu, dengan lebih dari 400 kasus infeksi yang dikonfirmasi di seluruh Jepang. Saat ini, penyakit itu telah merenggut sedikitnya 1.770 orang di China, dengan lebih dari 70.000 kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia. (*)

BERITA TERKAIT