Imbas Covid-19, PMI di Maladewa Dipulangkan

COLOMBO, KRJOGJA.com – Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di pelbagai resort mewah di Maladewa dipulangkan, akibat sector pariwisata negeri tersebut terimbas pandemi global covid-19. Repatriasi mandiri PMI gelombang kedua tersebut dibantu KBRI Colombo merangkap Maladewa dengan mecarter pesawat.

PF Protokol & Konsuler KBRI Colombo Sri Lanka merangkap Maladewa Dimas Prihadi dalam siaran pers yang diterima KRonline, Minggu (3/5/2020) malam menyebutkan dalam gelombang kedua, reatpriasi memulangkan 347 WNI dari Sri lanka dan Maladewa. “Hanya 26 dari Sri Langka dan selebihnya, 321 adalah WNI yang bekerja di Maladewa,” jelas Dimas.

Jika dihitung total dengan gelombang pertama, 326 PMI yang direpatriasi bekerja pada 24 resor mewah; 43 resor bintang 5. Kemudian pada 7 resor bintang 4; 1 restoran; 2 retail, 1 industri manufaktur; 8 spa; 2 perusahaan bidang teknologi dan 1 bidang olah raga.

“PMI tersebut terkena imbas dari kebijakan pembatasan sosial akibat wabah covid-19 yang memaksa perusahaan/resor-resor mewah di Maladewa berhenti beroperasi,” tambah Dimas Prihadi.

BERITA REKOMENDASI