Imbas Kudeta Gagal, Staf Kementerian Pendidikan Ditangkap

ANKARA, KRJOGJA.com – Penangkapan masal guna “membersihkan” para simpatisan Fethullah Gulen di Turki kembali terjadi. Kali ini otoritas keamanan Turki menargetkan para staf di kementerian.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (16/5/2017) 85 staf Kementerian Pendidikan dan Energi Turki ditangkap setelah dituding menjadi anggota jaringan Gullen. Sekadar informasi, Fethullah Gulen yang saat ini tengah mengasingkan diri di Amerika Serikat (AS) diklaim pemerintah Turki sebagai dalang kudeta militer pada Juli 2016.

Sudah ada lebih dari 50 ribu orang yang resmi ditangkap setelah menjalani proses persidangan yang memang menargetkan para pendukung Gullen. Penangkapan para staf kementerian itu dilakukan usai pengadilan menjatuhkan hukuman penjara kepada editor media Cumhuriyet, Oguz Guven, pada Senin 15 Mei 2017.

Guven didakwa menyebarkan propaganda teroris dan ia akan bergabung dengan belasan rekannya yang dijatuhi dakwaan serupa dan terancam dibui hingga 43 tahun. Penangkapan massal ini memicu kritikan tajam terhadap pemerintah Turki dari Uni Eropa. (*)

BERITA REKOMENDASI