India Beli 36 Jet Rafale Rp 117 Triliun

Editor: Ivan Aditya

INDIA (KRjogja.com) – Kabinet India telah menyetujui pembelian 36 jet tempur Rafale pabrikan Dassault Perancis. Menteri Pertahanan Prancis Jean-Yves Le Drian sudah berangkat menuju New Delhi untuk bertemu dengan koleganya, Menteri Pertahanan India, Manohar Parrikar.

“Kesepakatan itu disetujui pada pertemuan Rabu malam. Sekarang tinggal penandatanganan resmi oleh menteri pertahanan India dan Prancis pada 23 September besok di New Delhi,” ujar pejabat India yang menolak disebut namanya kepada AFP, Kamis (22/09/2016).

Seorang sumber Pemerintah India menyebut aksi pembelian ini adalah upaya Perdana Menteri Narendra Modi yang ingin memodernisasi angkatan udara mereka. Pembelian Rafale telah diusulkan sejak 2012 dan kesepakatan harga dilakukan pada Januari 2016. Tujuannya meremajakan armada angkatan udara Negeri Anak Benua yang dianggap sudah uzur.

Nilai kesepakatan atas 36 jet tempur Rafale mencapai USD9 miliar atau setara Rp117 triliun (estimasi kurs Rp13.102/USD). Ke-36 jet tempur anyar dari Prancis ini akan melengkapi armada pesawat tempur India lainnya yang terdiri dari pesawat buatan Rusia dan Inggris, guna menghadapi dua ancaman dari negara tetangga Pakistan dan China.

India sendiri merupakan importir senjata terbesar di dunia. Mereka berencana membeli 126 jet tempur Rafale untuk beberapa tahun ke depan. Adapun nilainya ditaksir mencapai USD150 miliar atau setara Rp 1.965 triliun dan sebagian besarnya akan dilakukan dengan cara bekerja sama, yakni perakitan pesawat di India sebagai bagian dari transfer teknologi. (*)

BERITA REKOMENDASI