India Cabut Status Daerah IstimewaKashmir

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Pemerintah India memutuskan mencabut status daerah istimewa yang selama ini diberikan kepada kawasan Kashmir. Hal ini diduga sebagai dampak dari krisis keamanan yang terjadi sejak akhir pekan lalu di kawasan yang bergolak itu.

"Aturan itu akan diterapkan di Negara Bagian Kashmir dan Jammu secara menyeluruh," kata Menteri Dalam Negeri India, Amit Shah.

Shah menyatakan pemerintah India akan mencabut Undang-Undang 370 yang memberikan status daerah khusus terhadap Kashmir dan Jammu. Berbekal aturan itu, selama ini negara bagian Kashmir diperbolehkan membuat aturan hukum secara mandiri.

Sikap India ini menjadi langkah yang cukup besar terkait daerah yang sudah bergolak selama hampir tujuh dasawarsa.

Dampak lain dari pencabutan status itu adalah kini penduduk di luar Kashmir bisa membeli properti dan mencari kerja di sana. Hal itu sempat dilarang di dalam UU 370 karena untuk meredam gejolak di kawasan mayoritas Muslim itu.

Perdana Menteri Narendra Modi menyatakan alasan mencabut aturan itu karena dianggap menghambat penyatuan Kashmir ke dalam India. Para tokoh politik di Kashmir justru menentang keputusan itu dan memperingatkan hal ini bisa memicu kawasan itu kembali bergolak. (*)

BERITA REKOMENDASI