India Ikut-ikutan Kerahkan Kapal Perang ke Laut China Selatan

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – India dilaporkan mengerahkan kapal perang ke Laut China Selatan, buntut dari bentrokan dengan China di perbatasan Himalaya. Tentara China dan India sempat terlibat bentrokan pada 15 Juni lalu di lembah Galwan di Ladakh. Dalam bentrokan tersebut, India mengatakan 20 pasukannya tewas, sementara China tidak mengungkap adanya korban jiwa.

Langkah India itu menuai protes dari Tiongkok, mereka melayangkan keberatan. China menolak kehadiran kapal Angkatan Laut India di perairan yang hampir seluru wilayahnya mereka klaim.

“Segera setelah bentrokan Galwan meletus di mana 20 tentara kami tewas, Angkatan Laut India mengerahkan salah satu kapal perang ke Laut China Selatan di mana Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat menolak kehadiran kekuatan lain yang mengklaim mayoritas perairan sebagai bagian dari wilayahnya,” kata sumber pemerintah.

Pengerahan segera kapal perang di Laut China Selatan sangat ditentang China karena mereka menganggap konflik di Lembah Galwan bisa diselesaikan lewat pembicaraan tingkat diplomatik.

Dilansir dari NDTV, selama berada di Laut China Selatan, militer India terus melakukan komunikasi dengan Amerika Serikat. AS diketahui telah lebih dulu menempatkan kapal perangnya di perairan kaya sumber daya itu. (*)

BERITA REKOMENDASI