India Minta China Tarik Pasukan di Perbatasan Himalaya

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Menteri pertahanan India, Rajnath Singh meminta China untuk menarik semua pasukannya dari daerah perbatasan Ladakh. Permintaan tersebut disampaikan setelah India menganggap China melanggar perjanjian yang disepakati antara menteri luar negeri kedua negara dalam pertemuan di Rusia pekan lalu.

Singh mengatakan China telah mengumpulkan pasukan dan senjata di Ladakh. Hal itu melanggar kesepakatan antar kedua negara dan dianggap sebagai upaya mengubah status quo melalui tindakan agresif.

Ia menilai tindakan tersebut tidak dapat diterima dan pihaknya akan berupaya berbicaya secara baik-baik kepada China.

“Kami harus yakin bahwa angkatan bersenjata kami akan menangani situasi ini dengan sukses,” ujar Singh ketika berbicara di hadapan Majelis Tinggi Parlemen India.

Singh menilai Negeri Tirai Bambu telah mengkhianati kesepakatan yang terjalin dengan India. Kendati demikian, ia mengatakan jika tentara India di perbatasan telah menggagalkan ‘upaya pelanggaran’ yang dilakukan oleh China.

Sementara itu, Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin mengaku pihaknya akan bertanggung jawab untuk meredakan ketegangan dengan India. Wang juga mengklaim jika pasukannya di perbatasan ‘selalu dengan ketat mematuhi (kesepakatan) antara kedua negara dan berkomitmen untuk menjaga kedaulatan dan perdamaian serta ketenangan di daerah perbatasan’. (*)

BERITA REKOMENDASI