India Perketat Pengamanan Kashmir

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Otoritas India memperketat pengamanan di wilayah Kashmir menjelang pelaksanaan salat Jumat. Peningkatan keamanan itu dilakukan India setelah kelompok separatis berencana menggelar aksi protes di Kota Srinagar, kota terbesar di wilayah sengketa itu.

Sejumlah poster berisikan seruan pengerahan massa ke kantor kelompok pemantau PBB untuk aktivitas militer India-Pakistan di Kashmir (UNMOGIP) beredar di Srinagar selama seminggu terakhir.

Demonstrasi ini diserukan sebagai bentuk protes atas pencabutan otonomi khusus Kashmir oleh Perdana Menteri Narendra Modi pada 5 Agustus lalu. Sejak itu, sejumlah pihak separatisme di Kashmir menuntut pembebasan wilayah mayoritas Muslim tersebut dari tangan India.

Puluhan personel paramiliter India terlihat dikerahkan ke sejumlah jalanan utama Kota Srinagar menuju kantor UNMOGIP. Pergerakan masyarakat sipil di sekitar kantor UNMOGIP juga diblokir oleh aparat, di mana polisi memblokir jalan-jalan utama menuju kantor tersebut dengan kawat berduri. (*)

BERITA REKOMENDASI