India Segera Jet Rafale untuk Hadapi China

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – India dikabarkan meminta Prancis mempercepat pengiriman jet tempur Dassault Rafale yang mereka beli, di tengah ketegangan dengan China.

India memesan 36 jet Rafale dari Prancis dalam kesepakatan senilai Rs59.000 crore pada September 2016. Itu merupakan pembelian darurat untuk memperkuat skuadron jet yang menipis guna menghadapi kemungkinan perang dengan Pakistan dan China.

Enam jet tempur Rafale kemungkinan akan mendarat di pangkalan Ambala pada 27 Juli mendatang, bukan empat seperti yang direncanakan dalam kesepakatan awal.

“Sekitar 10 jet Rafale siap di fasilitas Merignac, pabrikan pesawat Dassault Aviation. Persiapan akan menerbangkan enam jet Rafale ke India pada akhir Juli dengan singgah di pangkalan udara Al Dhafra dekat Abu Dhabi di Uni Emirat Arab. Jet akan diterbangkan oleh pilot India,” kata sumber orang kedua yang dikutip dengan syarat anonim.

Namun sumber tersebut mengatakan 10 jet itu tidak dikirim langsung dalam gelombang pertama karena beberapa di antaranya masih dibutuhkan di Prancis untuk melatih kru Indian Air Force (IAF). (*)

BERITA REKOMENDASI