India Siap Perang dengan China

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Hubungan antara India dan China tengah memanas imbas bentrokan mematikan di Lembah Galwan, perbatasan kedua negara di wilayah pegunungan Himalaya. Usai bentrokan berdarah itu, baik India maupun Tiongkok sama-sama saling menyalahkan atas insiden itu.

Mengenai kemungkinan terjadinya perang dengan Tiongkok, pejabat militer India menyebut tidak mengharapkan terjadinya perang. Namun jika konflik-konflik serupa kembali terjadi dan situasi menjadi tak terkendali, maka India menegaskan siap berperang dengan Tiongkok.

“Kami tidak ingin berperang dengan Tiongkok, tetapi kami sepenuhnya siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang timbul dari konflik baru-baru ini di Garis Kontrol Aktual (LAC),” kata Kepala Angkatan Udara India Marsekal RKS Bhadauria.

Menanggapi soal korban tewas dari tentara India yang mencapai 20 orang, dia menyatakan situasi di lokasi bentrokan dengan Tiongkok sepenuhnya berada dibawah kendali militer India. “Tentara telah memberikan pernyataan tentang hal ini. Pada saat yang sama, Angkatan Udara kami juga siap mengerahkan batalion jika diperlukan,” katanya.

Disinggung soal kemungkinan semakin banyaknya pesawat tempur India yang akan dikerahkan, dia menyebut militer India memiliki beberapa lokasi strategis. “Kami akan melihat situasi dan melanjutkan pergerakan kami. Kami telah meningkatkan pergerakan setelah konflik Mei yang lalu,” paparnya. (*)

BERITA REKOMENDASI