Indonesia Bakal Dapat Jatah Vaksin Covid 20 Persen Jumlah Penduduk

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan memperoleh akses vaksin corona sebanyak 20 persen dari jumlah penduduk yang didapat dari kerja sama multilateral. Indonesia mendapatkan jatah vaksin Covid-19 sejumlah itu karena telah masuk kategori Advance Market Commitment (AMC).

“Indonesia telah masuk dalam kategori Advance Market Commitment (AMC) dari Gavi Covax Facility, yang berarti Indonesia akan memperoleh akses vaksin sebesar 20 persen dari populasi kita,” katanya.

Selain itu Retno mengungkapkan dengan kerja sama itu Indonesia akan memperoleh keringanan finansial terkait vaksin melalui mekanisme Official Development Assistance.

Dengan MoU ini diharapkan tidak akan terjadi penundaan dalam hal pengiriman kepada masyarakat jika vaksin Covid-19 sudah tersedia. Retno memperkirakan vaksin hasil kerja sama multilateral ini akan bisa mulai diperoleh tahun 2021.

“Perkiraan kita vaksin melalui jalur kerja sama multilateral ini baru akan tersedia pada tahun 2021 dan Kementerian Luar Negeri akan terus mengawal proses kerjasama ini,” ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI