Indonesia dan Amerika Sepakat Tanggulangi Terorisme

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi melakukan pembahasan terkait isu terorisme dan radikalisme dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Pence dalam kunjungan dua hari ke Washington DC. Sebagai negara dengan penduduk lebih dari 223 juta Muslim yang moderat, toleran, dan demokratis terbesar di dunia, Indonesia dianggap memiliki peran besar dalam memimpin upaya global dalam melawan ideologi radikal.

Pembahasan terkait terorisme ini merupakan pembahasan lanjutan yang sebelumnya sempat dibahas ketika Wakil Presiden AS Pence mengunjungi Indonesia beberapa waktu lalu. Dalam kunjungannya itu, pria berusia 57 tahun itu menyampaikan kekagumannya atas budaya toleransi dan wajah Islam moderat di Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno menekankan bahwa nilai-nilai pluralisme dan toleransi merupakan soft power dan merupakan modal utama dalam membendung ideologi radikal dan terorisme.

"Nilai-nilai pluralisme dan toleransi merupakan aset bangsa Indonesia yang sangat dikagumi oleh bangsa lain, termasuk oleh AS. Kita harus bangga dan terus menjaga nilai luhur bangsa yang menjunjung tinggi toleransi dan pluralisme,” kata Menlu Retno. (*)

BERITA REKOMENDASI