Indonesia dan Australia Sepakat Berantas Terorisme

Editor: Ivan Aditya

JERMAN, KRJOGJA.com – Indonesia dan Australia sepakat untuk mendorong negosiasi Indonesian Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) dapat diselesaikan pada akhir 2017 mendatang. Bahkan, untuk mewujudkan hal tersebut, kedua negara telah mengintensifkan pembahasan hingga sebanyak tujuh kali dan terus dilakukan hingga saat ini.

"Kedua pemimpin terus mendorong agar betul-betul negosiasi dapat diselesaikan pada akhir tahun 2017," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull di Steigenberger, Hamburg, Jerman.

Selain itu, Jokowi dan Turnbull juga membahas kemitraan kedua negara lewat Indonesian-Australia Comprehensive Strategic Partnership. Kemitraan tersebut menjadi bukti kedekatan dan hubungan yang semakin erat antara Indonesia dan Australia.

"Jadi kalau CEPA insya Allah bisa diselesaikan pada tahun 2017, maka di tahun 2018, akan diluncurkan Strategic Comprehensive Partnership antara Indonesia dan Australia," tutur Retno. (*)

BERITA REKOMENDASI