Indonesia Dukung Dialog Perdamaian Afghanistan-Taliban

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyampaikan hal terkait keterlibatan Indonesia dalam negosiasi perdamaian Afghanistan – Taliban yang dimulai pada hari Sabtu, (12/9/2020) di Qatar.

“Saya telah diundang berpartisipasi dalam pertemuan tersebut sebagai bagian dari quint, yaitu lima negara yang memang dari sejak awal mencoba berkontribusi dalam proses damai ini yaitu Qatar, Indonesia, Norwegia, Jerman dan Uzbekistan,” kata Menlu Retno Marsudi dalam press briefing yang digelar oleh Kemlu RI pada Sabtu, (12/9/2020).

Selain lima negara tersebut, Menlu Retno Marsudi mengatakan bahwa peran AS tentunya juga sangat besar dalam proses itu.

Tak hanya itu, proses tersebut juga didukung oleh negara-negara tetangga Afghanistan dan negara lain.

Dalam pertemuan Afghanistan Peace Negotiation, Menlu Retno Marsudi menyebutkan beberapa hal yang ia sampaikan saat mewakili Indonesia.

Yang pertama, adalah penegasan komitmen Indonesia untuk terus mendukung proses perdamaian yang Afghan-owned dan Afghan-led.

“Kepentingan rakyat Afghanistan harus menjadi yang utama dalam proses perdamaian ini. Pelibatan semua elemen di Afghanistan termasuk peran perempuan Afghanistan menjadi sangat penting dalam proses perdamaian ini,” ujar Menlu Retno Marsudi.

BERITA REKOMENDASI