Indonesia Mendobrak Pasar Kopi Spesialti Australia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia secara aktif terus melakukan penetrasi pasar kopi ke manca negara. Kali ini menggarap tetangga dekat, Australia. Cara yang dipakai adalah yaitu diplomasi kopi dengan titik berat kepada pemberdayaan peranan kaum bisnis dan perguruan tinggi.

Direktur Asia Timur dan Pasifik (Astimpas) Kemlu Dr. Santo Darmosumarto menjelaskan bahwa Australia adalah mitra strategis Indonesia. Pemilihan judul “Coffee diplomacy of Indonesia and Australia: What’s Next?” adalah bukan tanpa alasan.

“Saat ini adalah momentum yang paling tepat bagi Indonesia dan Australia untuk bekerjasama dalam bidang kopi spesialti”, kata Santo. Disampaikan juga bahwa Indonesia dan Australia memiliki kemitraan strategis yang komprehensif, Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), yang berlaku mulai 5 Juli 2020.

Tahun 2020 meskipun ekonomi global menghadapi situasi sulit, antara lain dengan pandemi COVID-19. Namun secara mengejutkan Indonesia dan Australia berhasil meningkatkan neraca perdagangan sebesar 7,63%.

BERITA REKOMENDASI