Indonesia Ramaikan Farmers Santa Parade

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bakal ambil bagian di Farmers Santa Parade 2018 Auckland. Dalam salah satu parade tertua di dunia, Indonesia akan tampil atraktif. 

Tahun ini, parade ini memasuki usia penyelenggaraan ke 85. Acaranya berlangsung di sepanjang Queen Street. Atau jalan utama di kota Auckland Minggu (25/11). Farmers Santa Parade adalah acara tahunan yang spektakuler yang melibatkan ribuan orang. Tujuannya untuk merayakan Natal dengan perhelatan Parade. 

Tidak kurang dari 10.000 orang akan tumpah ruah di Santa Parade Auckland. Mereka akan berparade sepanjang 2,2 kilometer dari Federal Street di depan Aotea Center dan akan berakhir pada Albert Street, Selandia Baru.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, jangan lagi membuat event seperti festival sendiri di negeri orang. Tetapi ikut bersama di event yang sudah establish di luar negeri.

"Jadi sudah pasti banyak mengumpulkan orang, karena sudah menjadi event tahunan. Ini adalah cara murah menjaring wisatawan," kata Menpar Arief Yahya, Rabu (21/11).

Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, Indonesia akan tampil dengan Perahu Phinisi. Di atas kapal legendaris itu, ditampilkan musik dan lantunan lagu tradisional Indonesia  yang mengiringi arak-arakan parade. Mereka tampil menggunakan kostum tradisional dari perwakilan 10 destinasi prioritas dan destinasi utama (Bali).

"Ribuan manusia akan hadir menikmati parade dan ini momentum yang tepat untuk kita berpromosi. Ini adalah parade terbesar di negara mereka dan dilakukan dengan arak-arakan, kita akan ikut ambil bagian dengan menggunakan tema parade Kapal Phinisi,” ujar Giri Adnyani didampingi Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional Australia, Oceania, Adella Raung.

Indonesia juga akan menampilkan seluruh keindahan destinasi tanah air dengan berbagai media promosi. Di antaranya Balon Raksasa, Bendera, dan Spanduk yang paling banyak dilihat orang di venue. Termasuk membuka booth yang memberikan pelayanan informasi mengenai Wonderful Indonesia dan aktivasi penjualan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada setidaknya 33 balon raksasa yang berasal lebih dari 200 peserta dan 4.000 relawan. Parade tahun 2018 ini panitia pelaksana rencananya akan mengisi dengan ribuan kostum fantastis.

Adella Raung menambahkan, Selandia Baru masih dianggap sebagai pasar potensial. Belum pasar utama. Target pasar Selandia Baru masih menyatu dengan Australia. "Selandia Baru adalah negara yang maju dengan kesejahteraan masyarakat yang tinggi. Jumlah outbond-nya melebihi jumlah penduduk. Jadi kita sedang berusaha menarik mereka untuk berkunjung ke Indonesia," kata Adella. (*)

BERITA REKOMENDASI