Inggris akan Bangun Reaktor Nuklir

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS (KRjogja.com) – Pemerintah Inggris akhirnya memberikan lampu hijau bagi pembangunan reaktor nuklir pertama dalam 20 tahun terakhir senilai 18 miliar poundsterling atau setara Rp 314,38 triliun, yang akan dibangun oleh perusahaan Prancis yang mendapatkan dana investasi 6 miliar pounds dari Tiongkok.

Pemerintah Inggris di bawah Perdana Menteri Theresa May mengatakan akan melanjutkan proyek Hinkley Point C di barat daya Inggris, yang merupakan reaktor nuklir baru pertama di negara tersebut dalam dua dekade.

Sebelumnya, May sempat menunda proyek pembangunan reaktor nuklir ini setelah terpilih sebagai PM usai rakyatnya memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa Juli lalu. Saat itu, dia mengatakan perlu waktu untuk mengkaji ulang seluruh aspek proyek, termasuk masalah keamanan nasional.

Setelah mengkajinya selama enam pekan, Inggris membuat kebijakan investasi baru yang akan memberikan kekuatan lebih besar kepada pemerintah untuk mengontrol perjanjian kerja sama di masa depan ketika negara asing terlibat dalam pembelian saham infrastruktur strategis. (*)

BERITA REKOMENDASI