Inggris Buka Kamp Rehabilitasi Hacker

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Kamp rehabilitasi pertama yang ditujukan untuk merehabilitasi bibit-bibit penjahat cyber telah diresmikan oleh National Crime Agency Inggris. Remaja-remaja yang melakukan hacking ditawari kesempatan untuk ambil bagian dalam program yang dijalankan oleh badan penegak hukum nasional Inggris.

Badan nasional ini berharap agar program pencegahan ini dapat memasok jumlah pakar keamanan dalam industri. Untuk permulaan, tujuh orang remaja ikut andil dalam program tersebut. Mereka mengikuti workshop yang digelar di Bristol. Mereka diajari keterampilan keamanan dan diberi kesempatan untuk menggunakan keahliannya secara legal.

Semua anggota kelompok rehabilitasi itu pernah tertangkap oleh NCA atas cybercrime yang mereka lakukan, termasuk membuat server menjadi offline. Mereka melakukannya di rumah maupun di sekolah.

Salah satu dari anggota rehab memulai perjalanan karir hacking-nya saat secara tidak sengaja berhasil membobol jaringan sekolah. Kemudian dirinya mulai bereksperimen dengan keterampilan baru tersebut dan menggunakannya untuk hal-hal yang berbahaya. Ternyata menurutnya, menekuni dunia hacking membantunya melarikan diri dari penindasan yang dia alami di sekolah.

“Cyber crime menjadi lebih mudah dilakukan dengan berkembangnya peralatan teknologi, banyaknya tutorial, dan forum online yang mudah diakses untuk berbagi gagasan,” tutur Richard Jones, manajer NCA bagian pencegahan. (*)

BERITA REKOMENDASI