Inggris Hentikan Pembelian 5G Huawei

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dalam pertemuan dengan kabinet dan Dewan Keamanan Nasional mengharuskan perusahaan untuk berhenti membeli peralatan 5G buatan Huawei.

Pemerintahan Johnson memberlakukan larangan tersebut mulai 2021 dan berencana menghapus perlatan yang saat ini ada di pasaran pada akhir 2027 mendatang.

“Ini bukan keputusan yang mudah, tetapi ini adalah keputusan yang tepat untuk jaringan telekomunikasi Inggris, untuk keamanan nasional dan ekonomi,” ujar Menteri Digital Inggris, Oliver Dowden.

Pemblokiran ini disebut tidak berdampak pada penyedia teknologi 3G dan 4G di Inggris. Dowden mengatakan pemblokiran ini membuat warga Inggris harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan akses teknologi 5G yang lebih cepat.

“Ini berarti penundaan kumulatif untuk peluncuran 5G dalam waktu dua hingag tiga tahun dengan biaya hingga 2 miliar poundsterling. Ini akan memiliki konsekuensi nyata untuk koneksi di mana semua konstituen kami bergantung,” ujarnya.

Pemerintah Inggris mengatakan akan mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi 5G buatan Samsung, NEC, Nokia, dan Ericsson. (*)

BERITA REKOMENDASI