Inggris Minta Amerika Pertimbangkan Keputusan Sepihak

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Inggris, Prancis, Italia  dan sejumlah negara lainnya meminta agar pemerintah AS mempertimbangkan lagi keputusannya. Mereka juga menuntut agar hal tersebut dibahas segera Dewan Keamanan PBB. Sementara Jerman mengatakan bahwa status Jerusalem hanya bisa diselesaikan berdasarkan solusi dua negara.

Selain Israel, otoritas AS juga meningkatkan keamanan di sejumlah kedubes dan perwakilan lainnya di luar negeri. Langkah Trump yang mengakui Jerusalem sebagai ibu kota Israel telah membakar konflik Palestina-Israel.

Trump telah menjalankan kebijakan yang kotroversial yang selama lebih dari dua dekade dihindari para pendahulunya. Para presiden AS sebelumnya yang dimulai dari era Clinton sampai Obama, enggan untuk mengeksekusi UU AS tahun 1995 tentang pemindahan Kedubes dari tel Aviv ke Jerusalem.

Karena mereka khawatir itu akan memicu protes dan kekerasan ari warga di kawasan Timur Tengah serta wilayah lainnya, yang akhirnya bisa membahayakan kepentingan AS. Baik di dalam maupun di luar negeri. (*)

BERITA REKOMENDASI