Inggris Peringatkan Putin

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss, mengatakan Rusia terancam masuk dalam situasi yang sangat berbahaya bila menyerang Ukraina.

“Invasi hanya akan berujung pada situasi berbahaya dan kematian, seperti di perang Soviet-Afghanistan dan konflik di Chechnya,” kata Truss.

Saat menyebut perang Soviet dan konflik Chechnya, Truss mengacu pada konflik Moskow sebelumnya yang mengorbankan ratusan ribu nyawa. Menurut Truss, Putin belum mengambil pelajaran dari sejarah. Ia pun mendesak Rusia segera mundur dari Ukraina, sebelum Putin membuat keputusan strategis yang salah besar.

Selain itu, Truss juga menyatakan bahwa Rusia akan kesulitan meski mereka memiliki armada militer yang lebih unggul ketimbang Ukraina. Truss menilai, Ukraina bakal memberikan perlawanan panjang dan menjebak pasukan Rusia. “Warga Ukraina akan melawan ini (invasi). Itu bakal jadi situasi berbahaya,” ucap Truss.

Truss juga memperingatkan bahwa invasi Rusia akan membawa konsekuensi berat dalam bentuk sanksi negara Barat di sektor finansial dan individu. (*)

 

BERITA REKOMENDASI