Inggris Prioritas Vaksin bagi Lansia

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Otoritas kesehatan Inggris hingga Minggu (4/10) melaporkan 502.978 kasus virus corona. Dalam waktu 24 jam terakhir dilaporkan 22.961 kasus baru, lebih tinggi 10 ribu kasus dibanding sehari sebelumnya.

Sementara itu angka kematian akibat Covid-19 di Inggris mencapai 42.350 jiwa. Inggris berada di urutan ke-12 global dan keempat di Eropa sebagai negara dengan kasus corona tertinggi.

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan Inggris saat ini tengah menghadapi musim dingin yang berat dalam upaya memerangi virus corona. Namun ia memastikan masih ada ‘harapan’ kondisinya membaik jelang Natal.

Saat ini otoritas kesehatan tengah menyusu program vaksinasi corona yang memprioritaskan pada orang tua dan pekerja berisiko. Ketua gugus tugas vaksin, Kate Bingham mengatakan vaksinasi hanya dikhususkan bagi orang dewasa, bukan untuk orang di bawah 18 tahun.

“Ini adalah vaksin khusus dewasa, untuk orang di atas 50 tahun dengan fokus pada pekerja kesehatan dan pekerja rumah perawatan dan yang rentan (lansia),” ujar Bingham.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika menyuntikkan vaksin pada orang sehat maka dapat menyebabkan beberapa bahaya besar bagi mereka. (*)

BERITA REKOMENDASI